5 Tips Menabung Dana Pernikahan dengan Cermat dan Bijak

saving-bottle-with-euro-notes-coins-blue-background-min

Mempersiapkan dana pernikahan jadi bagian utama dalam merencanakan sebuah pernikahan. Untuk itu penting buat di persiapkan jauh jauh hari, karena momen pernikahan jadi satu momen yang di nanti-nantikan, sehingga harus berkesan sekaligus ini sebagai awal perjalanan kamu dan pasangan dalam berumah tangga.

Jika kamu tengah mempersiapkan dana untuk pernikahan, perlu diketahui ada beberapa keinginan yang bukan prioritas perlu di kesampingkan demi mempersiapkan dana pernikahan terlebih dahulu.

Selain perlu bijak dalam mengelola keuangan, kamu juga perlu cermat dan penuh kesadaran dalam pengeluaran serta konsisten dalam menabung. Dan kali ini invigital akan berbagi tips gimana cara menabung untuk mempersiapkan dana pernikahan


1. Rencanakan Anggaran untuk Menikah

Coba list  daftar biaya yang diperlukan untuk pernikahanmu, seperti biaya sewa gedung, biaya catering, dekorasi, busana pengantin, dll. Kemudian, hitung anggaran yang diperlukan dan cari tahu berapa banyak uang yang harus ditabung setiap bulan untuk mencapai tujuanmu.

2. Punya Rekening Khusus untuk Dana Menikah

Setelah mengetahui list daftar biaya serta berapa jumlah uang yang harus di tabung setiap bulan, buatlah rekening khusus untuk menabung dana pernikahan. Dan hindari untuk menggunakan buat keperluan lain.

3. Konsiten dan komitmen dalam menabung

Hal ini menjadi penting dalam mempersiapkan tabungan menikah, kamu dan pasangan perlu konsisten dan komitmen dalam menentukan berapa anggaran setiap bulannya yang perlu di sisihkan.

Sebagai contoh misalnya kamu akan mengeluarkan budget menikah 50,000,000 dan target menikah 2 tahun lagi, dalam satu bulan kamu dan pasangan harus menyimpan 4,000,000 dan dalam 1 hari 130,000.

4. Tetap Siapkan Dana tak Terduga

Demi mengantisipasi hal-hal yang di inginkan, ditengah mempersiapakan dana pernikahan, kamu juga perlu mempersiapkan untuk dana tak terduga, sehingga kamu bisa tenang jika ada hal-hal yang tak di inginkan. Dan untuk dana tak terduga ini di sesuaikan dengan kemampuan serta berapa besar biaya yang dikeluarkan. Misalnya budget menikah 50,000,000 lebihkan sebesar 15% atau setara 7,500,000

5. Kurangi pengeluaran yang tak penting

Cari tahu kebiasaan pengeluaranmu yang tidak penting dan kurangi atau hilangkan pengeluaran tersebut. Misalnya, jika kamu sering jajan kopi atau makan di luar, kurangi frekuensinya atau buat sendiri di rumah.